Canang Sari - Putra Goa Pindul Pemesanan Utama Gua Pindol
Headlines News :
Home » » Canang Sari

Canang Sari

Written By Porter Raung - Porter Kerinci - Porter Latimojong - Porter Merbabu - Porter Sumbing - Porter Sindoro - Porter Prau on Selasa, 08 April 2014 | 04.30

$00.00

Canang Sari

Pelaksanaan upacara di Bali tidak bisa dilepaskan dari sarana upakara yang digunakan dalam fungsinya sebagai persembahan kehadapan Tuhan yang maha Esa.  Salah  satunya adalah Canang Sari yang merupakan banten atau upakara yang paling sederhana yang bisa kita persembahkan kehadapan-NYA.

Bentuk banten Canang Sari ini dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian bawahnya bisa berbentuk bulat ataupun segi empat seperti ceper  atau taledan. Sering pula diberi hiasan trikona atau plekir pada pinggirnya. Pada bagian bawahnya ini terdapat pelawa, porosan, tebu kekiping (sejenis jajan dari tepung beras), pisang emas/yang sejenis dan beras kuning yang dialasi dengan tangkih.  Kemudian bagian atasnya diisi dengan dengan bermacam-macam bunga warna warni seperti bunga pecah seribu, bunga mitir, bunga pacar serta ditambahkan kembang rampe (daun pandan yang diiris kecil-kecil). Hiasan bunga tersebut juga sering dialasi dengan sebuah “uras sari/sampian uras”.

Bentuk uras sari ini kadang-kadang dibuat  sangat indah bahkan bisa dibuat bersusun. Disamping komponen yang telah disebutkan  di atas, pada Canang Sari hendaknya dilengkapi sesari berupa uang uang kertas, uang logam maupun uang kepeng yang jumlahnya disesuaikan dengan situasi dan kondisi seseorang. Adapun perlengkapan seperti tebu, kekiping dan pisang emas disebut “raka-raka”, walaupun dalam hal ini jumlah serta jenisnya sangat terbatas. Raka-raka melambangkan Hyang Widyadhara-widyadari.  Pisang emas melambangkan Dewa Mahadewa, secara umum semua piang melambangkan Hyang Kumara, sedangkan tebu melambangkan Dewa Brahma. Canang Sari dapat digunakan sebagai persembahan tersendiri ada upacara-upacara piodalan disuatu pura, atau dipakai untuk melengkapi persembahan lainnya baik berupa materi maupun berupa sesajen, sudah tentu bisa pula dipergunakan pada hari-hari tertentu seperti Keliwon, Purnama, Tilem atau melengkapi upacara-upacara persembahyangan disuatu tempat suci.

 http://www.wisatadewata.com/article/wisata/canang-sari


jangan lupa like https://www.facebook.com/ci.tion untuk menambahkan informasi terbaru terkait penawaran paket wisata, pelatihan-pelatihan, snack and catering, lowongan kerja, les dan privat tingkat sd, smp, sma/sederajat, motivasi dan lainnya.

mau join sms gratis ?? kali ini dikhususkan kepada pengguna kartu Three silahkan untuk melakukan pendaftaran dengan cara, ketik : DAFTAR_Nama Lengkap_Kota Tinggal_Alamat Email kemudian kirimkan ke 085.643.455.685.
Like Facebook Page, Follow Twitter atau add Google + CikarsyaSolution untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar Wisata Indonesia, Resep Makanan Gratis, Download Soal Gratis, Penawaran Design Jaket, Kemeja dan Koas, Dowload Film dan Download Software Gratis terbaru. Mau tukar follow maka tinggalkanlah pesan yang baik.


Mawi Tour and Travel merupakan salah satu penyedia jasa layanan wisata di Indonesia yang berkantor di Yogyakarta. Mawi Tour and Travel merupakan nama terbaru dari Cikarsya Tour and Travel.

Untuk melakukan pemesanan bisa langsung menghubungi :
Head Office : Banyakan II RT 02/39 Sitimulyo Piyungan Bantul Yogyakarta 55792
Telp. 085643455685 (WA/SMS/Call) Email : cikarsya@gmail.com


Kami juga menyediakan paket wisata Golden Sunrise Sikunir Dieng Plateau, Wisata Karimun Jawa, Wisata Bali, Wisata Bandung, Wisata Pangandaran, Wisata Rafting Sungai Elo dan Sungai Progo dan Paket Wisata lainnya.

Waspadai berbagai macam penipuan yang mengatasnamakan Cikarsya Solution karena kami tidak pernah memungut biaya sedikitun sebelum kesepakatan kedua pihak disepakati.

Untuk melihat foto-foto kami bisa mengunjungi cikarsya.com 'klik' saja. Untuk sementara kami masih dalam proses maintenance sehingga fotonya masih belum bisa kami publikasikan secara keseluruhan.

Untuk menikmati foto sebelum pemindahan www.cikarsya.blogspot.com ke www.cikarsya.com
bisa mengunjungi link berikut : Mawi Tour and Travel
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Putra Goa Pindul Pemesanan Utama Gua Pindol - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya